Kini perkembangan Metaverse sudah diadaptasi dalam beberapa platform, salah satunya platform media game Roblox, dimana setiap pengguna atau player dapat berinteraksi, bersosialisasi, bekerja sama, dan berkreasi melalui avatar yang mereka gunakan dalam permainan. Teknologi yang diusung Metaverse tidak hanya bisa diimplementasikan dalam bentuk permainan, melainkan juga digunakan untuk beberapa event seperti konser musik dan keperluan lainnya. Teknologi Metaverse bahkan sudah digunakan dalam konser virtual penyanyi asal Amerika Serikat Justin Bieber pada tahun 2021.
Widyati dalam berita Kompas.com (2021) memaparkan bahwa Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan serta Korea Tourism Organization (KTO) menghadirkan kampanye wisata baru. Kampanye wisata baru ini bertajuk Come Play with Korea. K-VIBE Festa yang diadakan hadir dalam platform Metaverse. K-Travelog sebagai platform pengalaman perjalanan virtual Korea memberikan kesempatan pada para pesertanya untuk melihat beragam atraksi dan restoran di seluruh penjuru Korea. Tidak hanya itu, para pengguna bisa melihat sejumlah tempat wisata di Korea Selatan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa teknologi Metaverse kini sudah diaplikasikan pada sektor pariwisata.
Di Indonesia sendiri, pengembangan ekosistem Metaverse Indonesia akan dibangun secara bertahap (Waranggani, 2022). PT WIR Asia Tbk (WIR Group) merupakan perusahaan teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) memprediksikan bahwa ekosistem Metaverse akan dikembangkan sekitar lima sampai enam tahun. Beberapa pihak pun dilibatkan dalam kerja sama oleh WIR Group guna mengembangkan ekosistem Metaverse Indonesia. Salah satunya, WIR Group menjalin kerja sama dengan Trisakti Multimedia School atau Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisakti sebagai langkah awal dalam pembangunan Metaverse Indonesia di sektor pendidikan.
Posting Komentar