Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan

 Abstrak

Metaverse merupakan inovasi teknologi ruang virtual tiga dimensi yang saat ini sedang membuat penasaran banyak orang baik dari perkembangannya yang sangat pesat serta implementasinya yang mulai banyak digunakan dalam berbagai sektor kehidupan. Studi penelitian ini membahas tentang tantangan dan peluang metaverse dalam dunia pendidikan, serta bagaimana aplikasinya dalam dunia pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan data pustaka dari berbagai sumber jurnal ilmiah yang relevan dengan topik yang dibahas. Desain penelitian yang digunakan adalah narrative review. Pengumpulan data dirangkum dari artikel jurnal internasional, jurnal nasional terakreditasi dan non akreditasi, prosiding, tesis maupun skripsi dari tahun 2017-2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa popularitas Metaverse telah mencapai puncaknya dalam beberapa bulan terakhir dan akselerasi teknologi metaverse di dunia pendidikan sudah terlihat dengan adanya aplikasi media pembelajaran digital berbasis augmented reality maupun virtual reality. Metaverse diyakini dapat mengatasi batasan-batasan yang ada di dalam dunia pendidikan, seperti keterbatasan kapasitas kelas karena pandemi, keterbatasan jarak dan waktu untuk masuk ke kelas, dan lain-lain. Dengan konsep dunia virtual, pembelajaran secara online dapat dilakukan dengan lebih interaktif tanpa menghilangkan pengalaman belajar siswa. Metode belajar di mana saja dan kapan saja menjadi konsep menarik yang disenangi banyak generasi Z saat ini. Metaverse diprediksi akan memasuki banyak bidang kehidupan manusia dalam 10-15 tahun mendatang.







Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan


Berdasarkan hasil penelitian studi literatur yang dilakukan terkait Metaverse serta tantangan dan peluangnya di dalam dunia pendidikan, dapat disimpulkan bahwa implementasi Metaverse di dunia pendidikan memiliki peluang yang sangat besar untuk dapat menunjang proses pelaksanaan pendidikan menjadi lebih baik lagi. Pendidikan berbasis audiovisual merupakan aplikasi dari Metaverse paling populer yang saat ini banyak digunakan dalam pembelajaran. Misalnya dalam pendidikan berbasis pengalaman tentu tidak cukup hanya dengan melihat dan membaca, tapi juga dengan merasakan, artinya pembelajaran akan menjadi lebih baik jika memang terjadi proses pengalaman belajar secara langsung atau simulasi. Simulasi ini dapat didukung dengan teknologi metaverse. Dilihat dari peluang, pendidikan di era metaverse akan menghadirkan pengalaman yang berbeda dalam dunia pendidikan. Hadirnya Metaverse dapat mengoptimalkan teknologi serta media pendidikan yang saat ini telah digunakan hingga menjadi lebih efektif lagi. Pengalaman belajar yang didapat siswa dengan teknologi Metaverse akan lebih membantu mereka dalam mengembangkan soft-skills dan menumbuhkan self-perception yang lebih baik lagi berkat simulasi yang diciptakan. Metaverse juga menjadi solusi untuk pembelajaran jarak jauh yang saat ini kurang efektif dikarenakan minimnya interaksi antara siswa dan guru selama proses pembelajaran. Meski demikian, terdapat kelemahan dan tantangan pada penggunaan Metaverse. Metaverse yang bersifat borderless atau menyediakan ruang tak terbatas, memunculkan engagement yang lebih besar yang harus dihadapi artinya kalau pendidikan masuk ke metaverse maka harus siap dengan international engagement yang lebih luas. Tantangan lain adalah kondisi sosial ekonomi masyarakat yang membuat tidak semua orang mampu mendapatkan akses di era metaverse. Dalam sebuah kuliah daring saja, beberapa mahasiswanya masih mengeluhkan sinyal yang membuat proses belajar mengajar menjadi terhambat. Dan masih banyak tantangan lain yaitu kejahatan dunia digital, keamanan dan privasi data, kondisi fisik yang shock terhadap perangkat Metaverse, seperti motion sickness, mual dan pusing. Meski demikian dengan pembiasaan yang dilakukan terhadap teknologi baru ini, maka implementasi dari teknologi ini akan lebih leluasa diterapkan dan tentunya akan sangat membantu untuk meningkatkan kualitas serta pengalaman pembelajaran di masa depan.



Source: Jurnal Basicedu https://jbasic.org/index.php/basicedu

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama