Abstrak
Metaverse merupakan inovasi teknologi ruang virtual tiga dimensi yang saat ini sedang membuat penasaran banyak orang
baik dari perkembangannya yang sangat pesat serta implementasinya yang mulai banyak digunakan dalam berbagai sektor
kehidupan. Studi penelitian ini membahas tentang tantangan dan peluang metaverse dalam dunia pendidikan, serta
bagaimana aplikasinya dalam dunia pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan
mengumpulkan data pustaka dari berbagai sumber jurnal ilmiah yang relevan dengan topik yang dibahas. Desain penelitian
yang digunakan adalah narrative review. Pengumpulan data dirangkum dari artikel jurnal internasional, jurnal nasional
terakreditasi dan non akreditasi, prosiding, tesis maupun skripsi dari tahun 2017-2022. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa popularitas Metaverse telah mencapai puncaknya dalam beberapa bulan terakhir dan akselerasi teknologi metaverse
di dunia pendidikan sudah terlihat dengan adanya aplikasi media pembelajaran digital berbasis augmented reality maupun
virtual reality. Metaverse diyakini dapat mengatasi batasan-batasan yang ada di dalam dunia pendidikan, seperti
keterbatasan kapasitas kelas karena pandemi, keterbatasan jarak dan waktu untuk masuk ke kelas, dan lain-lain. Dengan
konsep dunia virtual, pembelajaran secara online dapat dilakukan dengan lebih interaktif tanpa menghilangkan
pengalaman belajar siswa. Metode belajar di mana saja dan kapan saja menjadi konsep menarik yang disenangi banyak
generasi Z saat ini. Metaverse diprediksi akan memasuki banyak bidang kehidupan manusia dalam 10-15 tahun
mendatang.
Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan
Berdasarkan hasil penelitian studi literatur yang dilakukan terkait Metaverse serta tantangan dan
peluangnya di dalam dunia pendidikan, dapat disimpulkan bahwa implementasi Metaverse di dunia
pendidikan memiliki peluang yang sangat besar untuk dapat menunjang proses pelaksanaan pendidikan
menjadi lebih baik lagi. Pendidikan berbasis audiovisual merupakan aplikasi dari Metaverse paling populer
yang saat ini banyak digunakan dalam pembelajaran. Misalnya dalam pendidikan berbasis pengalaman tentu
tidak cukup hanya dengan melihat dan membaca, tapi juga dengan merasakan, artinya pembelajaran akan
menjadi lebih baik jika memang terjadi proses pengalaman belajar secara langsung atau simulasi. Simulasi ini dapat didukung dengan teknologi metaverse. Dilihat dari peluang, pendidikan di era metaverse akan
menghadirkan pengalaman yang berbeda dalam dunia pendidikan. Hadirnya Metaverse dapat mengoptimalkan
teknologi serta media pendidikan yang saat ini telah digunakan hingga menjadi lebih efektif lagi. Pengalaman
belajar yang didapat siswa dengan teknologi Metaverse akan lebih membantu mereka dalam mengembangkan
soft-skills dan menumbuhkan self-perception yang lebih baik lagi berkat simulasi yang diciptakan. Metaverse
juga menjadi solusi untuk pembelajaran jarak jauh yang saat ini kurang efektif dikarenakan minimnya
interaksi antara siswa dan guru selama proses pembelajaran. Meski demikian, terdapat kelemahan dan
tantangan pada penggunaan Metaverse. Metaverse yang bersifat borderless atau menyediakan ruang tak
terbatas, memunculkan engagement yang lebih besar yang harus dihadapi artinya kalau pendidikan masuk ke
metaverse maka harus siap dengan international engagement yang lebih luas. Tantangan lain adalah kondisi
sosial ekonomi masyarakat yang membuat tidak semua orang mampu mendapatkan akses di era metaverse.
Dalam sebuah kuliah daring saja, beberapa mahasiswanya masih mengeluhkan sinyal yang membuat proses
belajar mengajar menjadi terhambat. Dan masih banyak tantangan lain yaitu kejahatan dunia digital,
keamanan dan privasi data, kondisi fisik yang shock terhadap perangkat Metaverse, seperti motion sickness,
mual dan pusing. Meski demikian dengan pembiasaan yang dilakukan terhadap teknologi baru ini, maka
implementasi dari teknologi ini akan lebih leluasa diterapkan dan tentunya akan sangat membantu untuk
meningkatkan kualitas serta pengalaman pembelajaran di masa depan.
Source: Jurnal Basicedu https://jbasic.org/index.php/basicedu
Posting Komentar